BEREBUT SEEKOR BANGKAI

Mengenal sesuatu itu membuat kita mengetahui bagaimana sikap kita terhadap sesuatu itu.

Seperti, seseorang yang mau beli HP, ketika dia pegang HP dan dia tahu HP tersebut asli, maka dia akan bayar berapa pun harganya. (Sebaliknya,) ada orang yang tidak mengerti (tentang keaslian HP), dia bayar mahal, sampai rumahnya dia menangis karena telah tertipu.

Begitu pula dengan kehidupan dunia ini. Tidak sedikit di antara hamba Allah yang bayar mahal untuk dunia yang akan dia tinggalkan.

Maka sebelum kita berbicara tentang “bangkai” yang diperebutkan oleh kita ini, kita harus paham bagaimana hakikat dunia.

HAKIKAT DUNIA YANG PERTAMA: DUNIA INI HANYA PERMAINAN

Berdasarkan firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

اعْلَمُوا أَنَّمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَزِينَةٌ وَتَفَاخُرٌ بَيْنَكُمْ وَتَكَاثُرٌ فِي الْأَمْوَالِ وَالْأَوْلَادِ كَمَثَلِ غَيْثٍ أَعْجَبَ الْكُفَّارَ نَبَاتُهُ ثُمَّ يَهِيجُ فَتَرَاهُ مُصْفَرّاً ثُمَّ يَكُونُ حُطَاماً وَفِي الْآخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيدٌ وَمَغْفِرَةٌ مِّنَ اللَّهِ وَرِضْوَانٌ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ (الحديد: ٢٠)

“Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaanNya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.” (QS Al-Hadid [57]: 20)

Segera download rekaman pengajian tematik yang sarat akan penyucian jiwa (tazkiyatun nufus). Semoga Allah Ta’ala menjadikan pribadi kita Muslim yang kaffah, Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here